There can be no “teacher” without ‘pupils’ , no rebel without ‘establishment’.

Arti Peimpin

Pemimpin adalah orang pertama sekaligus orang terakhir dalam sebuah kelompok (Mukti 2013)

This is featured post 3 title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

This is featured post 4 title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Gunung Prahu

SEUMUR HIDUP KITA SEKALIPUN TIDAK AKAN CUKUP UNTUK MENGELILINGI INDONESIA. I LOVE INDONESIA.

Abah dan Puncak Ungaran

0 komentar

Abah dan Puncak Ungaran


Long week end bulan November lalu, tepatnya sabtu sore, aku tengah asik merampungkan laporan mikrobiologiku. Salah seorang adik kos masuk ke kamar, dan bilang ada yang mencariku. Siapa?
Tanyaku dalam hati.
Ah, ternyata syaiful.
Tumben dia datang tanpa pemberitahuan (pikirku).
"Ana apa pul ?" (#Ada apa pul ? ) Tanyaku
"Ayo mangkat!"
"Heh.. mangkat ngendi ?" (#berangkat kemana ?) TAnyaku heran
"Ungaran "
"Waduh...ko ndadakya?"
Tek. Sebuah ingatan melintas. Aku baru sadar besok ada praktikum fisiologi tumbuhan. Ah, kenapa juga sih praktikum hari minggu.
Dengan sedikit ragu aku akhirnya ikut bareng sepul Ke lab mtk bertemu simu. Simu ternyata sudah sms aku tapi hapeku mati (eh,baru sadar).
Simu punmulai mengambil peralatan yang akan dibawa. 
Aku pergi berbelanja. Syaiful pergi sendiri ga tahu kemana.
Tiba-tiba saja, hp ku berbunyi. Simu sms bahwa temannya tidak jadi berangkat.
Waduh, naik gunung dalam jumlah ganjil ? Keragu-raguanku bertambah.
Iseng, ku sms temanku bagus dan bilang bahwa kami bertiga akan naik ungaran.
Yes, bagus bisa.
Setelah semuanya siap. Bada ashar kami berangkat.
Ditengah perjalanan hujan datang.
Jas hujan yang ku bawa rupanya kurang memadai, alhasil baju yang kupakai basah kuyup.
Brrr dingin luar biasa. Enaknya sih dingin2 gini makan mie trus minum edang jahe. Ups, lupa, lagi puasa hehe.
Perjalananpun dilanjutkan dengan kondisi demikian. 
Entah sudah menjadi TRADISI atau memang kelakuan dari kami jika bepergian slalu saja NYASAR. wah, wah, padahal simu bilang akan lewat jalur pintas nyatanya muter-muter ga karuan cuy.
Skip
Tiba di medini. Sudah magrib, waktunya sholat magrib dan berbuka puasa (bagi yang puasa).
usai solat, dengan kondisi hujan cukup deras, kami berangkat. Sebelumnya motor kami titipkan di rumah salah satu warga di situ.
O ya, FYI, ini adalah perjalanan naik terakhir syaiful dengan HP nya. Karena hp nya ( live walkman) kini sudah berpindah tuan. (foto hp menyusul).
Naik dan terus naik,. Naik lalu nyasar, kembali ke pos pemberangkatan. dan akhirnya melalui jalan yang benar. Jauh bro, 3 jam kurang lebih kami berjalan kaki. Itu ga dihitung sama adegan nyasar lho.
Dan setelah istirahat di promasan (yang ternyata ramai dengan anak-anak hima Ipa UNNES), kami melanjutkan perjalanan dan mendirian tenda di antara tanaman teh.
Ini pertama kali kami menggunakan tenda milik kami sendiri.
 O yah kawan, kenapa aku memberi judul ini abah dan ungaran ?
Lihat foto di atas ya. Lihat baju dan sarung yang kupakai, itu adalah pemberian dari abahku. Ya, walaupun hanya sarung dan kaos obat bawang merah, Alhamdulillah keduanya berfungsi menghangatkan tubuhku. Ah, abah, aku jadi ingin pulang. Moga Engkau sehat disana. Maaf Abah anakmu mbolos praktikum, (tapi ga inhal, Alhamdulillah).

Another picture from this journey :



Honestly it is not a pre-wedd picture! haha

TEGURAN

0 komentar


TEGURAN

“ Assalamualaikum, ana sg bsa mbantu aku ?

.aku ng Bank BRI ungaran, pan nglesi, bnsinku kntgan keh ra gawa duit,

jane meh njukt nang atm tp atme trble.. :(.”


Selasa, 22 November.

Biasanya, setelah praktikum genetika, tidak ada praktikum lagi. Waktu kosong seperti itu biasa kugunakan untuk mengerjakan laporan, tugas, mencuci baju, atau tidur. (kayaknya yang ketiga paling sering). Namun, hari ini ada praktikum tambahan mikrobiologi. Awalnya, praktikum yang dilakukan Cuma menghitung hasil biakan bakteri menggunakan coloni counter, tapi ternyata asisten menghendaki adanya praktikum tambahan, praktium abiotik.

Entah siapa yang mulai, stelah semua larutan selesai dimasukkan dan sedang dalam tahap sterilisasi, satu persatu mulai pulang, termasuk aku. Tiba di kos, aku menyiapkan soal untuk tes fisika sore nanti, untuk siswa privatku. Setelah sholat dhuhur sadar ga sadar, ku pasang alarm di pukul 14.00 WIB dan aku ketiduran.

Jam 14.00 alarm berbunyi dan aku terbangun. Wah..wah ada sms masuk nih. Dari komting mikrobio ternyata, isinya perintah untuk segera berangkat, praktikum sudah dimulai, (@13.15) tentu saja aku terlambat. Segera ku sms teman 1 kelompokku, dan ternyata cuma aku yang ga berangkat. Cetarr,,,alamat inhal nih, 50rb melayang, bikin larutan sendirian, sterilisasi sendirian etc.

Langsung ku sms mba asdos dan bertanya kapan bisa dilakukan inhal. Lama ga dibalas.

Eh,sudah hampir jam 3. Biasanya adik yang ku lesin sms apakah dia mau les sore atau malam. Sedikit bimbang tapi akhirnya kuputuskan berangkat. Cuaca kurang mendukung, mendung tebal, gerimis perlahan, diitambah dompet yang ditinggalkan soekarno-hatta, pattimura dan semua koleganya, plus kondisi bensin yang berada pada garis merah.

Toh aku tetap nekat . Ku pikir nanti mampir atm sebentar, ambil uang, beli bensin, simple kan? Ternyata ga se simple itu. Atm BRI di kampus ternyata rusak, atm dalam kantor ga bisa dipakai karena sudah tutup. Cuma dua alternatif lanjut naik ke ungaran atau turun ke sampangan. Kupilih lanjut naik, brem...bremmmm..bremmm... motor kunyalakan.

Sampai daerah mangun sari, gerimis bertambah frekuensinya, tambah deres saja nih.

Jalanan berubah sedikit licin, bukannya mengurangi laju motor aku malah menaikkan kecepatan. Tancaap...

            Sampailah di daerah sumurejo, bensin sudah mulai meninggalkan huruf E. Its mean that my fuel is empty. Ah, pikiran kalut, meski jalanan gak berkabut. Karena kurang konsen, aku ga tahu truk di depanku rem mendadak. Motor sudah tinggal sejengkal lagi nempel bagian belakang truk. Langsung kutarik rem depan, banting ke kiri hampir nyungsep, lepas rem depan ganti rem kaki, motor goyang-goyang dan Alhamdulillah masuk lagi ke jalan raya.

            Alhasil, sampailah di ATM BRI ungaran, langsung niat ambil uang, 50rb.

Masuk ke atm, masukkin kartu langsung pencet nominal 50rb, ups, ko ga bisa. Coba lagi, 1, 2 kali sama saja. Ku cek saldo dan lailahaillallah pantes saja mesin atm ngambek. Saldoku Cuma 83rb.

            Panik. Langsung sms masku. Selamat, dia belum berangkat kerja. Segera ku tellpon dan crita keadaanku. Masku ikut bingung, dia sudah mau masuk kerja. Di smslah istrinya barangkali bisa ngirim, ga bisa juga, lagi di rumah dan jauh dari atm. Dicobanya sms banking dan ternyata GA BISA juga. Waduh waduh... udah kaya anak ayam mau mati di lumbung padi nih.

            Segera saja ku sms tiga temanku. Bambang, nana, simu. Isi smsnya sama

“ Assalamualaikum, ana sg bsa mbantu aku ?

.aku ng Bank BRI ungaran, pan nglesi, bnsinku kntgan keh ra gawa duit,

jane meh njukt nang atm tp atme trble.. :(.”

Bambang ga bisa,lagi ada tanggungan, simu ga balas, nana ga ada motor. Waduh sms sapa lagi nih. Mau sms gilang buat minjem uang, aku ga hapal norek atm abahku. Lagi pula aku ga tahu juga dia lagi sibuk atau ga.  Tenang-tenang, Allah pasti kasih jalan.

            Uji coba lagi. Kali ini ku sms Syaiful, mas didit dan solikhin. Solikhin, ga bisa juga, ada acara bem katanya. Waduh,,, mulai putus asa nih. Padahal masih di Ungaran, tapi dah bingung gini. Ada sms masuk, ku kira mas didit atau syaiful, eh malah mba asdos mikro. Kubalas smsnya sambil berharap ada kabar baik datang. Posisiku udah ga nyaman, dilihatin terus sama pak satpam ma office boy. (wajahku wajah penjahat kah?). Alhamdulillah sms mas didit masuk hampir bersamaan ma ipul dan keduanya bisa. Langsung ku balas ke syaiful bahwa sudah ada yang mau kesini. Alhamdulillah.

            Sambil menunggu mas didit, ku balas sms asdosku. Kabar baik datang lagi, aku gak perlu inhal, tapi nilai laporanku harus rela terpotong 5 poin. Setidaknya aku gak perlu keluar 50rb dan ribet nyiapin bahan sendirian buat inhal. Di akhir sms mba asdos menegurku.

“ Besok lagi jangan ketiduran, jangan malas2an lo ya”

Tadinya ada pikiran, udah lagi apes, eh dapat teguran. Tapi setelah dipikr2 bener juga kata mbanya. Benar, aku ga boleh malas2n. Aku masih jauh dari teman2ku. Setidaknya aku harus bisa sepadan dengan mereka. Untung masih dikasih teguran ringan melalui ucapan, belum  teguran dari sang pencipta kehidupan berupa hal-hal yang ga diinginkan. Dan syukurlah, mas didit pun datang mebawakan seliter bensin. Dia pulang dan aku melanjutkan niatku untuk mengisi les.

My Ishihara tes

0 komentar


 My Ishihara tes

Today, in my genetic practicum, my friends and I try to use Ishihara tes. Ishihara is diferent with some sholat sunnah (istikharoh) altough both are similiar when we learn. Ishihara test is a test to know  somebody is a blindcolour, blindcolour parsial, or normal people. Ishihara test have 14 pages, each page have a circle picture with some colour. The colour on the picture sometime can we look like a number by sometimes like a track.

My group (*call : Dominan group) consist of Bambang, Ian, Susi, Mei and ofcourse me. Susi is the first person who try Ishihara test in our group. Second is me, bambang tird, Ian fourth and the last is Mei. Only two member of Dominan’s group have a wrong answer in this test, they are Mei and me (?).

Ian and Bambang are laughing when they know my result They said that, “ I think you are *nyasar in biology. Haha,,, i just laughing like they do. Honestly i am suprize enough when i know my result. After use ishihara test with manual methode, I try to use computer metode to know that I really blindcolour parsial or not. The result from computer methode is same. My score is only 83,333 %.

When my friends are know my result they laughing (again). I try to make a joke. “ Nurul, do you know, that the result is not valid? I’m totally blindcolour, u know? “ 

“Really?”

“Yes, its true. I’m a blindcolour person, and everything are gray in my eyes. It happen since u far away from me. Because for me, u are my colour. “

“ hahaha,,, “ all of my friends that learn my answer are laughing (and try to catch  and hit me hahhaha * kabur)

Plant movement-gerak pada tumbuhan

0 komentar


Someday in junior high school.
Mr. Fauzi open here class.
“Good morning students. How are you today ?”
“Good morning sir, I’m fine. Thank you, and you?”
“I’m fine too”
“Ok, today we will talking about new subject. Plant movement. Anybody know, what the meaning of plant movement ?”
Sir” a student put her hand up.
yes. Solikhin,”
“ Plant movement is movement by plant, but is different with our movement. We can move all of our body like hands, footh, etc and we can show that, but for us, plant movement are often make we confuse because we can show their move only with our eyes.”
“Good job. Your answer is right enough Solikhin. Well, students, please open your e-book, page 43 chapter 9th.
--------------------------------------------------------------------
Movement is one kind of responses of an organism to stimulus. Stimulus can come from outside (external) or from the inside (internal)of the organism on primitive organisms,the ability to respond the stimulus is very simple which is called as irritability.
Plant has certain sensitivity to give response to the stimulus it is received.
Every stimulus that strikes plant will be replied by thae plant.This response
in from of movement from the parts of plant.
The Various Kind of Movement in Plant
Based on its stimulus,the movements in plant are grouped into three, those are autonomic (endogenous) movement, exogenous movement, and hygroscopic movement.

Autonomic (endogenous) movement
Autonomic (endogenous) movement that is not known yet its cause certainly but predicted this motion is caused by stimulus that comes from the body of plant itself.in other words,autonomic movement is movement that is not caused by external stimulus.
Example:
a. the flowing movement of cytoplasm in cell.
b. The bending movement of leaf bud because of difference of growth
velocity.
c. Movement that is shown by plant when grows such as the growth of
root,stem,leaf,and flower.
d. The rotating movement of chloroplast to encircle cell in Hydrilla sp.
Hygroscopic Movement
Hygroscopic movement of part of plant that is caused by the influence of
the change of water level from its cells so happens nonhomogenouse
wrinkling.
Example:
a.The breaking of dried nut fruit leucaena glauca castor Caesalipinia pulcherrima.
b.The opening of sporangium in fern as cause of the wrinkling of annulus cell.

Exsogenous Movement
Exogenous movement is plant movement that is caused by external stimulus from the plant body. The Various Kinds of Exogenous Movement in Plant:
1.    Nastic
Nastic movement is caused by stimulus. Nastic movement is separated into five kinds, those are photonasty, nictinasty, thigmonasty,thermonasty, and complex nasty. Nastic occurs due to the difference of turgor pressure.the easiest example is ’’sleep’’ movement shown by many of pea family (leguminosae). The sleep movement is called nyctinasty (nyktos= night).
1.1  Fotonasty
Photonasty is nasty movement that is caused by stimulus of sunlight. Example:
The opening and closing of Mirabilis jalapa at certain time when there is light.
1.2 Nictinasty
Nictinasty is nasty movement that is caused by dark condition (sleeping movement). The leaves of leguminous plants (Leguminosaceae) will be closed at night. The leaves will be open again in the morning. In addition to the atmosphere caused by the dark, the motion "sleep" of leaves can occur due to changes in turgor pressure in the leaf joints.
Example: The closing of compound leaves in Sesbania grandiflora, Leucaena glauca, at night.
1.3 Thigmonasti
Thigmonasti is nasty movement caused by mechanical
stimulation of touch or pressure. Tigmonasti term comes from the
Greek, which means that thigma touch. Motion tigmonasti with
seismonasti called. The example: the closing of leaves of
Mimosa pudica when touched.
1.4 Thermonasty
Thermonasti is nasty movement that is caused by temperature
stimulus. For example, tulip flower will develop if suddenly gets
temperature increment and close anymore if temperature
decreases.
1.5Complex Nasty
Complex nasty is nasty movement that is caused by several factors altogether, such as sunligt, temperature, water and chemical substance.
The example, the opening and closing of stomata.

2.    Tropisme
Tropism is the movement of a part of plant organ in response to stimulus.the direction can be toward or away from the stimulus. According to the kind of its stimulus,tropism is separated into five:
a.    Phototropisme
Phototropism is tropism movement that is caused by the stimulus of sunlight. The example,the tip of plant that lies in room will bend to direction of incident light.

b.    Geotropism
Getropism is tropism movement that follows Eart gravitational force. Geotropism is divided into two, those are as follows.
-       Geotropisme positif.
Positive geotropism is geotropism movement that its direction is downward (going to Eart). The example the tip of root grows to the direction of gravitation
      - Geotropisme negatif.
Negative geotropism is geotropism movement that its direction is upward (leaving Eart). The example the tip of stem grows upward leaving grafitational force.
c.    Chemotropism
Chemotropism is tropism movement that is caused by stimulus of
chemical substances. Chemotropism is separated into two kinds,
those are as follows.
-       --Positive chemotropism
Positive chemotropism is chemotropism that its direction approaches source of stimulus. the example themovement of root to food substance in soil.
-       --Negative chemotropism
Negative chemotropism is chemotropism movement that its direction is leaving source of stimulus.for example, movement of laves poison.
d.    Thigmotropism.
Thigmotropism is tropism movement that is caused by stimulus
of touch to harder thing. This movement is called thigmotropism
(thigmo = touch). The example are Piper betle and cucumber.
e.    Hydrotropism
Hydrotropisme is the movement of plant root that is influenced by reservation of soil water.commonly,root grows straightly downward,but if in this direction is not found onough of water,then the root will grow bending to direction that has enough of water.
3.    Taxis
Taxis is transfer movement of all body to stimulus that its direction is determined by the stimulus. Based on the kinds of its stimulus,taxis is separated into two kinds,namely phototaxis and chemotaxis
a.    Phototaxis
  Phototaksis is taxis movement that is caused by stimulus of sunlight. For example the movement of chlorophyll to the surface that gets light and movement of spore that has flagella to the light place.

b.    Chemotaxis
Chemotaxis is taxis movement that is caused by chemical stimulus.for example movement of spermatozoid(part that is formed by plant)of moss and fern to ovum that is found in archegonium attracted to the sugar or protein that is produced by archegonium.

Courtesy :
Youtube.com
Ida Rianawat

Malam Pertama (kejadian yang memerahkan wajah)

3 komentar


Klampok.
H plus empat pasca lebaran. Rumah-rumah mulai kembali sepi dari sanak family keluarga yang mudik untuk berkumpul dan bersilahturahmi. Hidangan khas lebaran seperti ketupat dan kue-kue lebaran juga mulai berkurang bahkan tandas, hanya menyisakan toples-toples kosong. Meski demikian, masih banyak acara silahturahmi baik melalui kunjungan langsung maupun dalam forum halal bihalal.
Aku baru saja pulang usai berkeliling ke beberapa teman dan saudaraku di Brebes, tepat saat Ikomah sholat magrib selesai dikumandangkan. Rasa lelah menahanku untuk berjamaah di Musholla. Hp dalam sakuku bergetar. Sebuah SMS masuk.
..bsok mo ikut ?
Sebuah sms singkat dari pacarku yang ku panggil Ai. Aku ingat besok ada halal bihalal bareng anak-anak Rovers, dan ingat pula bahwa hari ini aku janji padanya untuk makan mie ayam. Segera saja ku balas smsnya mengatakan bahwa kemungkinan besok ikut HBH dan menanyakan apakah acara kami jadi atau tidak untuk makan mie ayam bareng. Berhubung masih sedikit lelah dan kondisi jalan yang macet, akhirnya aku menawarkannya untuk makan di warung mie ayam dekat rumahku usai sholat magrib.
Seringkali rencana memang mudah berubah.Usai sholat magrib, ternyata Ai memundurkan waktu menjadi bada isya. Tak mengapa mengingat jarak antara magrib dan isya tidaklah terlalu lama. Sholat isya selesai kembali sebuah perubahan terjadi. Ulah si angin kumbang yang membuat udara terasa lebih dingin membuatku berfikir untuk mengurungkan niat mengajak Ai keluar. Sebagai gantinya aku kemudian membelikannya mie ayam, 3 bungkus. Tadinya 2 bungkus untuk kami berdua dan satu bungkus untuk kakaknya. Sayang, rupanya kakaknya sedang pergi dan dia bilang dirumahnya sepi.
Aku kembali menimbang-nimbang apakah jadi kerumahnya atau tidak, terlebih karena rumahnya sepi dan aku khawatir “setan” yang menggodaku untuk berbuat yang tidak-tidak. “Bismillahirrahmanirrahim,,, semoga tidak terjadi apa-apa”, pikirku. Toh juga akan mubadzir rasanya mie ayam yang kubeli jika tak jadi dibawa kesana. Selama perjalanan ke rumahnya, aku berdoa agar rumahnya ga jadi sepi, at least ada orang tuanya di rumah. Lumayan kan bisa berbincang dengan mereka.
Aku kaget saat tiba di depan rumahnya. Banyak bapak-bapak yang berdiri di sana sambil membawa bingkisan. Aku pikir mereka akan bertamu ke rumah Ai, ternyata dugaanku meleset. Mereka hanya berniat menyebrang jalan.hehe
Kuketuk pintu rumahnya tidak ada jawaban, yang ada justru sepeda motor yang berhenti di depan rumahnya. Ku kira itu adalah kakak Ai dan pasangannya. Langsung kudekati mereka dan kutanyakan, “Assalamualaikum, elane enten mas?” Tentu saja setelah menyalami keduanya. “Mboten ngertos mas, aku juga meh namu” jawabnya. Haduh. Salah sangka lagi.
Mereka mengetuk pintu. Seorang bapak membuka pintu kemudian mempersilahkan mereka masuk. Aku bingung dan memilih duduk diluar hingga mas-masnya yang tak kuketahui namanya itu kembali keluar dan mempersilahkanku masuk. Mas dan mbak tadi lalu memanggil Ai.
Ai kaget dan sama sekali ga percaya aku datang. Aku senyum-senyum sendiri. Ibunya pun keluar dan tentu saja aku bersalaman dengan beliau. Ini Kali pertama aku melihat ibunya. Wajah mereka mirip. Ai masuk, sedngkan ibunya berbincang-bincang denganku. Aku mengikuti perbincangan dengan menjawab pertanyaan seperlunya. Aku gugup.
Baru saja aku meminum air yang dipersilahkan beliau, terdengar salam dari luar.
Pintu yang tadinya ditutup kembali dibuka. DOR!! Ibarat ada pistol yang mengarah tepat kejantungku, atau setidaknya ada buah tomat raksasa jatuh kearahku. Secara tiba-tiba masuklah sanak keluarga Ai mulai dari om, bude tante mas sepupu dan mungkin juga keponakannya yang masih kecil-kecil. Aku mati kutu. Panas dingn menahan rasa malu bercampur kaget yang membuat wajahku merah seakan hendak meledak.
“Gusti…tuluuuung..”( Tuhan..Tolong ) teriakku dalam hati. Sekejap saja aku menjadi perhatian tiap mata di ruang tamu rumah itu. Banyak yang tersenyum sambil sesekali menggelengkan kepala. Apa maksud mereka?
Aku memilih diam. Biarlah mereka larut dalam obrolan mereka. Aku sendiri lebih memilih SMS salah satu sahabatku dan menceritakan kondisiku saat itu. Sial, dia malah membalas sms dengan tertawa. Rasanya ingin secepat mungkin meninggalkan ruangan itu. Namun, yang ada aku justru ingin tetap disitu, ingin berbincang dengan kedua orang tua Ai, sebagaimana ucapanku pada salah satu sahabatku bahwa semester 5 aku akan melakukannya. Aku paksa tubuhku untuk tetap duduk dikursi panas ini. Alhamdulillah, sanak keluarga yang datang tak terlalu lama bertamu, mereka satu persatu keluar dan kembali, aku bersalaman dengan mereka, dengan wajah merah menahan malu (tentu saja).
Seolah berkomplot dengan keadaan. Ai lama keluar, entah apa yang dilakukannya di dalam sana. Kembali Ibunya dan aku terlibat percakapan. Hingga akhirnya Ai keluar, Ibunya masuk, dan tinggalalah kami berdua. Kami langsung saja tertawa, mengingat apa yang baru saja terjadi. Kami terlibat perbincangan hingga aku ingat tujuan semula membelikan Ai mie ayam. Ah,,mie ayam yang kubeli sudah dingin dan melar. Kami berdua tak ada satupun yang mampu menghabiskannya. haha..Mubadzirlah mie ayam pertamaku di rumahnya.
Saat waktu menunjukkan pukul sembilan lebih 20an menit Aku izin pada Ai untuk pulang.  jam segitu menurutku sudah masuk waktu yang cukup malam apalagi untuk sebuah kunjungan kerumah cewe. Ai masuk dan memanggil ayahnya. Hal yang membuatku kaget untuk kesekian kalinya adalah ucapan ayahnya yang mengatakan "masih sore ko sudah mau pulang ? " saat aku berpamitan.
Entah apa maksud ucapan beliau. Aku hanya bisa mencium tangannya, pamit, dengan tanda tanya yang belum terjawab.   -,-a

Selarik kata mengguncang dunia-Lomba penulisan cerpen

0 komentar

Assalamaualaikum wr wb
Sobat blogger. Ada info menarik nih tentang lomba penulisan cerpen. Barang kali kalian berminat silahkan di ikuti ^^. Semangat kawan.

Youth Agrotechnopreneurship Competition 2012

0 komentar


MAU UANG JUTAAN RUPIAH ?
MAU MENGASAH KEMAMPUAN PLANNING ENTREPRENEUR ?

I K U T I ! ! !
Y A C 2 0 1 2

BEM Fakultas Teknologi Pertanian IPB Proudly Presents YAC (Youth Agrotechnopreneruship Competition) 2012.
Sebuah kompetisi Business Plan dengan adiah jutaan rupiah.
more info : 

Diadema setosum and Thick-Knee (tragedi baluran )

1 komentar

3rd Annual baluran -PLN Birding competition, merupakan ajang bagi birdwatcher seluruh Indonesia untuk berkompetisi dan bersilahturahmi dengan sesama birdwatcher. Adapun yang diperlombakan meliputi bidang pengamatan dan identifikasi burung dilapangan, identifikasi burung via gambar dan suara dan tentu saja sketsa dan pengetahuan umum keburungan hehe.
Acara dilaksanakan selama 4 hari yakni dari tanggal 13-16 Juli 2012 dengan agenda pengamatan dihari kedua (14 Juli 2012). Tempat pengamatan secara umum dibagi menjadi dua yakni di bawah dan area atas (gunung baluran ). Area dibawah dibagi lagi menjadi 2 zona pengamatan yakni di area Bekol-Bama dan area bajulmati.
Kebetulan aku dan mba helida, yang tergabung dalam tim Riang Pelatuk BSC, mengamati jalur Bekol-Bama. Disinilah salah satu tragedi Baluran terjadi. (Akan diceritakan kemudian bersama perjalanan pP)
Untuk postingan kali ini, ada sedikit cerita mengenai perjalanan keliling pantai di BAluran atau dengan istilah lain field trip.
Senin, 16 Juli 2012 
Matahari pertama dipulau jawa bersinar cerah. Usai sarapan pagi, seluruh peserta berkumpul, diberi pengarahan lalu melakukan field trip ke pantai-pantai di baluran. Sebelumnya, para peserta berjalan kaki menuju pantai Bama, tempat perahu motor yang akan membawa kami berkeliling tengah menunggu. Lumayan jauh jarak dari camp menuju pantai Bama kurang lebih 5 Km.
Selama perjalanan menuju Bama, banyak anggota family Columbidae yang kami temui. Kemungkinan yang kami lihat adalah Treron vernans (punai gading) atau Streptopelia chinensis (tekukur biasa) atau yang lainnya. (Maklum, masih belajar, jadi belum bisa mengidentifikasi burung yang dilihat dengan cepat dan tepat.). Satu yang pasti, kami tidak melihat si Spilornis Cheela di daerah savana. Padahal kemarin kami dapat melihatnya dengan jelas.
Tibalah di Bama. Langsung menuju perahu motor menuju Roma eh salah menuju pantai bilik maksudnya.
Perahu menuju pantai bilik selama lebih dari dua jam, waktu yag sama bagi sang surya membakar kulit penumpang di perahu ku (maklum ga ada penutupnya), untungnya selama itu pula, pemandangan akan pantai-pantai baluran yang pui\tih, bersih, menyejukkan mata.
Sampai di Bilik, langsung saja aku, mas panji dan mas agus langsung menceburkan diri dan berenang di sana. Kurang dari lima menit berenang.
"Kenapa mas?" tanyaku pada mas panji yang terlihat meringis kesakitan.
"kena landak lau" katanya.
Wah wah.. kasian mas panji. Baru renang sebentar, sudah apes. Ga tanggung-tanggung 6 duri si Diadema setosum bersarang dikakinya. Ini nih yang bikin mas panji meringis:
Mas panji kesakitan dan menepi sementara aku mas agus dan yang lain, tetap saja berenang. Baru setelah mas agus ikut menjadi korban aku menepi. Penasaran dengan hewan itu, mas agus mengambilnya 1 dan membuka lalu memakan gonadnya. Aku ikut2an. Hrrrrr amis, asin dan manis rasanya hehe.
Cuaca makin panas, usai berfoto ria aku dan teman-teman mengitari hutan bakau hingga jam 2 kurang.
Selanjutnya, panitia membagikan door prize,, sayang belum rezekinya, ga satupun doorprize kudapat. (kecuali 1 pisau lipat sewaktu menjawab pertanyaan di camp).

                                     Gambar 2 : Situasi pembagian doorprize
Saat pembagian door prize, datanglah burung yang kami tunggu. WWB or wili-wili besar atau Beach-Thick knee atau Burhinus gigantus . Beruntung rasanya melihat mereka :

Maccinon et all (2010) mengunggkapkan bahwa burung ini memiliki ukuran besar (55cm) sesuai namanya. Ciri khas yang dimilikinya adalah kaki panjang dan kuat, tidak ada jari belakang, lutut membesar. PAruh kekar, mahkota dan bagian atas coklat abu-abu, sisi kepala ditandai strip-setrip hitam dan putih. Siulan sedih yang bernada rendah. Suara wili-wili besar.


Thanks to :
Sobat dari Lombok : Lintang


Merbabu part I ---Koreknya mana?

1 komentar

Bagi beberapa orang, naik gunung merupakan hal yang menantang, menghibur dan mengasyikkan. Berangkat dari beberapa anggapan inilah, pada akhirnya aku mencoba untuk mencobanya bersama beberapa teman-temanku. Tidak tanggung-tanggung, gunung yang kami pilih untuk pendakian pertama kali adalah gunung Merbabu. Padahal ada satu gunung yang lebih dekat dari tempat kuliah kami yakni gunung Ungaran.
Persiapan yang kami lakukan terbilang cukup singkat. H-1 kami baru mulai melengkapi peralatan yang akan digunakan. Beberapa alat sudah ada, beberapa kami beli, dan sisanya tentu saja pinjam hehe.
Briefing sejenak usai belanja peralatan,  Si-Mu, yang sering naik gunung diatara kami, menyampaikan apa yang harus dibawa, aku dan gilang mencatat semua peralatan yang harus di persiapkan, termasuk di dalamya tertulis matras, korek, lilin, spirtus, kaleng, nesting, SB, tas carier, baju hangat, dll.
Malamnya, peralatan dibawa ke kosku dan pagi sekitar jam 6 kurang, kami berangkat dengan dua motor. Aku mbonceng  syaiful sedangkan simu dengan gilang. 
Baru 5 menit keluar dari kos, tiba di tikungan pertama, insiden kecil terjadi. Motor yang di setir sepul oleng dan akhirnya
GUBRAK...
motor kami terjatuh. Aku yang membawa tas carier pun pasrah dan ikut jatuh.hehe
Sayangnya, insiden ini tidak kami abadikan dalam bentuk foto.
Perjalanan pada akhirnya kami lanjutkan,, dan sampailah kami di jalur pendakian merbabu via kopeng.
Usai registrasi dan lapor diri, kami mulai mendaki.
Belum sampai di pos 1, nafas kami mulai tidak teratur alias ngos-ngosan, alhasil kami berhenti.
Ini dia rupa kami saatberhenti, beristirahat.
Meski cukup melelahkan, perjalanan terus kami lanjutkan. Semakin kami keatas, semakin terlihat kecil desa-desa di bawah, termasuk pos pemberangkatan. 
Inilah mungkin salah satu kenikmatan sekaligus refleksi bagi kita bahwa jika dari ketinggian tertentu saja kita melihat rumah dan saudara kita menjadi sangat kecil, bagaimana rupa kita jika dilihat dari tempat Allah swt??
Di pos ketiga, kami berhenti untuk memasak. Simu si ahli perapian mulai membuat kompor kecil dari kaleng susu.
Sementara ia sibuk, aku, syaiful dan gilang bergantian sholat. Saat kompor sudah siap tas mlai kami bongkar dan simu mencaricari korek api.
"Koreke ndi mam?"
"Ora ngarti, kayane aku ora nggawa. Lha jare pan tuku nang pasar salatiga? bisane ora mampir"
Simu kesal, diambilnya satu bungkus Indomie rebus dan diremuk lalu dimakan.
(Itu cerita kami, apa ceritamu?)
bersambung

Lomba menulis

0 komentar

Lagi
satu lagi info lomba menulis di blog untuk hari ini
Selamat mengikuti dan selamatberkompetisi :)

3rd Baluran-PLN birding competition

0 komentar

Salam lestari!
Lestari!
Hai sobat, ada info lomba nih,
kali ini datang dari Taman nasional baluran Jatim
Tanggal 13-16 Juli nanti, taman nasional baluran akan mengadakan Birding competition atau lomba pengamatan burung tingkat nasional
Lomba ini terdiri dari lomba sketsa, loma cerdas cermat dan lomba pengamatan burung tentunya
Ayo ikutan, quota hanya untuk 80 team(1,team=3orang)
Total hadiah 80 juta!!
Mau tau lebih lanjut tentang lomba ini? Klik di Sini

LOMBA MENULIS ARTIKEL

0 komentar






Assalamualaikum wr wb
Sobat blogger,, ada lomba nih
Lumayan nih buat ngasah tulisan kita, berbagi informasi dan tentu saja mencoba peruntungan buat dapatin hadiah yang cukup menggiurkan
masih ada 16 hari lagi untuk ikut lomba ini, semangat!!!!

Kefir on friday

0 komentar

@ 24 Februari 2012
bukan kali pertama ini aku pergi ke desa gogik. sudah beberapa kali, sekitar tiga atau empat aku melewati desa ini jika hendak ke air terjun semirang. Namun hari ini, kedatanganku berbeda dari tujuan sebelum-sebelumnya.
Bersama 3 anggota tim PKMM (program kreativitas mahasiswa pengabdian masyrakat) dan dibantu dua teman yang menjadi volunter, kami melaksanakan program penyuluhan dan pelatihan mengenai pembuatan kefir susu. Acara kami siapkan semenjak pukul 15.00 WIB. Bagi kebanyakan orang mungkin termsuk Anda, kefir merupakan suatu kata yang asing. Pun sama halnya dengan saya, yang baru mengenal kefir beberapa buln terakhir. Kefir merupakan salah satu produk fermentasi susu yang berbeda dari Yakult dan yogurt dengan kadungan mikroba yng jauh lebih banyak dibandingkan dengan dua Yakult dan yogurt.
Berawal dari proposal yang dilatarbelakangi oleh rendahnya harga susu segar per liter (2500/L susu kondisi bagus) yang sangat jauh jika dinbandingkan dengan harga susu segar yang telah di packing (susu UHT 4000/200mL), maka terbersitlah keinginan untuk meningkatkan pendapatan petani susu. Salah satu ide yang di munculkan oleh rekan satu tim ialah dengan memproduksi olahan susu berupa kefir.
Beruntung, salah satu anggota tim merupak anak dari ketua asosiasi kefir Jateng, sehingga pada pelaksaaan hari ini kami mendapatkan bantuan, baik pengatahuan maupun materi.
Kefir sudah lama ada di dunia ini. Berabad-abad usianya (mendahului yakult tentu saja). Akan tetapi sangat disayangkan baru dikenal di Indonesia belasan tahun belakangan dan itupun hanya oleh segelintir orang.
Padahal seperti yang saya bilang diatas, kandungan probiotik dari kefir sangatlah tinggi. Bahkan salah satu dokter gigi yang cukup dikenal di Ungaran menyebutkan, jika saja Indonesia meminum setidaknya 1 gelas saja kefir perhari (bandingkan dengan yakult yang musti 2 hehhehe) banyak industri farmasi yang akan gulung tikar.
Banyak artikel yang ditulis oleh instansi, organisasi maupun individu mengenai kefir. salah satunya ialah artikel berikut ini : Mengenal dan membudayakan sehat bersama kefir. Pun sama halnya dengan penelitian yang dilakukan oleh para pemerhati kesehatan. (bisa Anda coba cari sendiri).
Insya Allah jika Ia menghendaki, program ini dapat berjalan terus dan semakin mendekatkan pada program pencanangan desa gogik pada khususnya dan ungaran pada umumnya terkenal sebagai penghasil pusat penghasil kefir. Amin
Lebih lengkap tentang kefir : Asosiasi Susu Kefir Jawa Tengah

Biola tak berdawai

2 komentar

Mendengar kata tuna (selain ikan), bayangan kita akan terbawa pada ketidak sempurnaan . Entah kurang pada hal pendengaran, penglihatan, komunikasi verbal, tidak punya rumah, pekerjaan, atau beberapa kekurangan sekaligus yang dimiliki, sehingga kita kenal sebagai tuna daksa.
Mungkin seorang buta, masih bisa membaca dengan huruf braile. Seorang bisu bisa memberikan isyarat tentang apa yang ingin ia sampaikan pun dengan orang tuli. Namun apa yang bisa dilakukan oleh seoarang tunadaksa, kawan?
cobalah baca "BIOLA TAK BERDAWAI" dan rasakan sudut pandang tokoh dewa. Seorang penderita tuna daksa.
Ia yang melihat tapi tak melihat. Mendengar tapi ta mendengar. Diam. Autistik. Bagaikan sebuah ulat dalam kepompong. Ajeg. Tapi kita tahu bahwa ia bernyawa. Meski entahlah, kapan ia akan muncul dan menampakkan kesungguhan tanda-tanda kehidupannya.
Kawan. Dewa. Nama yang indah bukan? meski pada kenyataannya ia tunadaksa.Mengerikan dan terkucilkan. Ia tetaplah manusia.
Kawan. Tanpa kita sadari. Kita sebenarnya lebih parah darinya lho?
Percayalah.
Kita melihat teman dan saudara kita dalam musibah. Susah. Tapi kita seolah tak melihatnya.
Mendengar  jerit minta tolong mereka. Namun kita seolah tuli.
Kita hanya diam dengan hati yang semakin kelam. Jauh lebih buruk dari apa yang sebenarnya dialami oleh dewa.
Kawan......
Bisakah kita memaksimalkan yang kita miliki saat ini tanpa keluhan?

 

MY MIND © 2011 Design by Best Blogger Templates | Sponsored by HD Wallpapers