Kefir on friday

@ 24 Februari 2012
bukan kali pertama ini aku pergi ke desa gogik. sudah beberapa kali, sekitar tiga atau empat aku melewati desa ini jika hendak ke air terjun semirang. Namun hari ini, kedatanganku berbeda dari tujuan sebelum-sebelumnya.
Bersama 3 anggota tim PKMM (program kreativitas mahasiswa pengabdian masyrakat) dan dibantu dua teman yang menjadi volunter, kami melaksanakan program penyuluhan dan pelatihan mengenai pembuatan kefir susu. Acara kami siapkan semenjak pukul 15.00 WIB. Bagi kebanyakan orang mungkin termsuk Anda, kefir merupakan suatu kata yang asing. Pun sama halnya dengan saya, yang baru mengenal kefir beberapa buln terakhir. Kefir merupakan salah satu produk fermentasi susu yang berbeda dari Yakult dan yogurt dengan kadungan mikroba yng jauh lebih banyak dibandingkan dengan dua Yakult dan yogurt.
Berawal dari proposal yang dilatarbelakangi oleh rendahnya harga susu segar per liter (2500/L susu kondisi bagus) yang sangat jauh jika dinbandingkan dengan harga susu segar yang telah di packing (susu UHT 4000/200mL), maka terbersitlah keinginan untuk meningkatkan pendapatan petani susu. Salah satu ide yang di munculkan oleh rekan satu tim ialah dengan memproduksi olahan susu berupa kefir.
Beruntung, salah satu anggota tim merupak anak dari ketua asosiasi kefir Jateng, sehingga pada pelaksaaan hari ini kami mendapatkan bantuan, baik pengatahuan maupun materi.
Kefir sudah lama ada di dunia ini. Berabad-abad usianya (mendahului yakult tentu saja). Akan tetapi sangat disayangkan baru dikenal di Indonesia belasan tahun belakangan dan itupun hanya oleh segelintir orang.
Padahal seperti yang saya bilang diatas, kandungan probiotik dari kefir sangatlah tinggi. Bahkan salah satu dokter gigi yang cukup dikenal di Ungaran menyebutkan, jika saja Indonesia meminum setidaknya 1 gelas saja kefir perhari (bandingkan dengan yakult yang musti 2 hehhehe) banyak industri farmasi yang akan gulung tikar.
Banyak artikel yang ditulis oleh instansi, organisasi maupun individu mengenai kefir. salah satunya ialah artikel berikut ini : Mengenal dan membudayakan sehat bersama kefir. Pun sama halnya dengan penelitian yang dilakukan oleh para pemerhati kesehatan. (bisa Anda coba cari sendiri).
Insya Allah jika Ia menghendaki, program ini dapat berjalan terus dan semakin mendekatkan pada program pencanangan desa gogik pada khususnya dan ungaran pada umumnya terkenal sebagai penghasil pusat penghasil kefir. Amin
Lebih lengkap tentang kefir : Asosiasi Susu Kefir Jawa Tengah

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan untuk memberikan komentar terhadap tulisan ini, demi tulisan yang lebih baik di lain hari.

 

MY MIND © 2011 Design by Best Blogger Templates | Sponsored by HD Wallpapers