Diadema setosum and Thick-Knee (tragedi baluran )

3rd Annual baluran -PLN Birding competition, merupakan ajang bagi birdwatcher seluruh Indonesia untuk berkompetisi dan bersilahturahmi dengan sesama birdwatcher. Adapun yang diperlombakan meliputi bidang pengamatan dan identifikasi burung dilapangan, identifikasi burung via gambar dan suara dan tentu saja sketsa dan pengetahuan umum keburungan hehe.
Acara dilaksanakan selama 4 hari yakni dari tanggal 13-16 Juli 2012 dengan agenda pengamatan dihari kedua (14 Juli 2012). Tempat pengamatan secara umum dibagi menjadi dua yakni di bawah dan area atas (gunung baluran ). Area dibawah dibagi lagi menjadi 2 zona pengamatan yakni di area Bekol-Bama dan area bajulmati.
Kebetulan aku dan mba helida, yang tergabung dalam tim Riang Pelatuk BSC, mengamati jalur Bekol-Bama. Disinilah salah satu tragedi Baluran terjadi. (Akan diceritakan kemudian bersama perjalanan pP)
Untuk postingan kali ini, ada sedikit cerita mengenai perjalanan keliling pantai di BAluran atau dengan istilah lain field trip.
Senin, 16 Juli 2012 
Matahari pertama dipulau jawa bersinar cerah. Usai sarapan pagi, seluruh peserta berkumpul, diberi pengarahan lalu melakukan field trip ke pantai-pantai di baluran. Sebelumnya, para peserta berjalan kaki menuju pantai Bama, tempat perahu motor yang akan membawa kami berkeliling tengah menunggu. Lumayan jauh jarak dari camp menuju pantai Bama kurang lebih 5 Km.
Selama perjalanan menuju Bama, banyak anggota family Columbidae yang kami temui. Kemungkinan yang kami lihat adalah Treron vernans (punai gading) atau Streptopelia chinensis (tekukur biasa) atau yang lainnya. (Maklum, masih belajar, jadi belum bisa mengidentifikasi burung yang dilihat dengan cepat dan tepat.). Satu yang pasti, kami tidak melihat si Spilornis Cheela di daerah savana. Padahal kemarin kami dapat melihatnya dengan jelas.
Tibalah di Bama. Langsung menuju perahu motor menuju Roma eh salah menuju pantai bilik maksudnya.
Perahu menuju pantai bilik selama lebih dari dua jam, waktu yag sama bagi sang surya membakar kulit penumpang di perahu ku (maklum ga ada penutupnya), untungnya selama itu pula, pemandangan akan pantai-pantai baluran yang pui\tih, bersih, menyejukkan mata.
Sampai di Bilik, langsung saja aku, mas panji dan mas agus langsung menceburkan diri dan berenang di sana. Kurang dari lima menit berenang.
"Kenapa mas?" tanyaku pada mas panji yang terlihat meringis kesakitan.
"kena landak lau" katanya.
Wah wah.. kasian mas panji. Baru renang sebentar, sudah apes. Ga tanggung-tanggung 6 duri si Diadema setosum bersarang dikakinya. Ini nih yang bikin mas panji meringis:

Mas panji kesakitan dan menepi sementara aku mas agus dan yang lain, tetap saja berenang. Baru setelah mas agus ikut menjadi korban aku menepi. Penasaran dengan hewan itu, mas agus mengambilnya 1 dan membuka lalu memakan gonadnya. Aku ikut2an. Hrrrrr amis, asin dan manis rasanya hehe.
Cuaca makin panas, usai berfoto ria aku dan teman-teman mengitari hutan bakau hingga jam 2 kurang.
Selanjutnya, panitia membagikan door prize,, sayang belum rezekinya, ga satupun doorprize kudapat. (kecuali 1 pisau lipat sewaktu menjawab pertanyaan di camp).

                                     Gambar 2 : Situasi pembagian doorprize
Saat pembagian door prize, datanglah burung yang kami tunggu. WWB or wili-wili besar atau Beach-Thick knee atau Burhinus gigantus . Beruntung rasanya melihat mereka :

Maccinon et all (2010) mengunggkapkan bahwa burung ini memiliki ukuran besar (55cm) sesuai namanya. Ciri khas yang dimilikinya adalah kaki panjang dan kuat, tidak ada jari belakang, lutut membesar. PAruh kekar, mahkota dan bagian atas coklat abu-abu, sisi kepala ditandai strip-setrip hitam dan putih. Siulan sedih yang bernada rendah. Suara wili-wili besar.


Thanks to :
Sobat dari Lombok : Lintang


1 komentar:

{ Gilang Kotaro } at: 30 Juli 2012 17.16 mengatakan...

asik mam, hehe.. smoga menang ngko

Posting Komentar

Silahkan untuk memberikan komentar terhadap tulisan ini, demi tulisan yang lebih baik di lain hari.

 

MY MIND © 2011 Design by Best Blogger Templates | Sponsored by HD Wallpapers