Seperti di rumah

Ramadhan kemarin merupakan ramadhan dengan jarak terjauh dari rumah (untuk saat ini). kurang lebih jika ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua (motor), maka jarak antara rumahku dan Mungkid (tempat aku PPL) adalah sekitar 6,5 jam. itu dengan asumsi bahwa kecepatan diatas 80 dan kondisi motor ok.Hari pertama di mungkid (magelang), aku dan 3 temanku yang lain sama sekali tidak ada yang sahur.Bukan karena kami tidak bangun melainkan karena kondisi yang sangat dingin sehingga mengurungkan niat kami untuk keluar mencari santap sahur (lagi pula, kami belum tahu apakah ada warung buka atau tidak).
Beruntung, hari berikutnya kami diberitahu bahwa tetangga kontrakan kami menyediakan menu sahur. Lebih beruntungnya lagi, anak Bu Yoyo (tetangga kami) yang bernama de ERi, hampir secara rutin membangunkan kami.
"Mas, ape do sahur nda?", (mas mau pada sahur tidak?) Begitu lah yang dia katakan (hampir setiap jam 3 pagi!)
Meskipun masakan untuk santap sahur kami hanya berupa nasi telor dan mie rebus, kami bersyukur masih dapat menikmati santap sahur (dibandingkan hari pertama yang tanpa sahur).
O ya, hampir lupa.
Kontrakan tempat aku dan teman-teman tinggal awalnya kosong. tanpa suatu apapun. Dan beruntungnya kami mendapatkan lingkungan yang peduli. Ada tetangga yang meminjamkan kasur lipat, ada yang meinjamkan kasur kecil, ada yang meminjamkan kami seprei, dan dari teman-teman putri sesama praktikum kami dapat pinjaman selimut (selamatlah kami dari suhu berbelas derajat celcius :) ).
Kembali pada de Eri,
Usai lebaran aku kira bu Yoyo tidak lagi berjualan, ternyata salah. beliau tetap berjualan.
tidak seperti saat bulan Ramadhan, kali ini de Eri hampir setiap habis maghrib mendatangi kos kami untuk mengingatkan kami makan malam.
"mas, ape do mem po ra? iku lho wes dimasakke", begitu katanya setiap ia datang maupun saat dia bertemu aku dimushola usai sholat.
Ya, nikmat yang harusnya aku syukuri. Ini seperti di rumah, dimana setiap jam makan diingatkan untuk makan. Dan syukiur untu nikmat yang lain karena ada yang mengingatkan untuk sholat isya berjamaah di mushola, (ya walaupun saat itu kami masih menghabiskan makan malam kami).
Alhamdulillah....

kasur dan sprei (pinjaman)


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan untuk memberikan komentar terhadap tulisan ini, demi tulisan yang lebih baik di lain hari.

 

MY MIND © 2011 Design by Best Blogger Templates | Sponsored by HD Wallpapers