mengisi jam kosong II

Sudut ruang 8x4 m. 

Mencoba untuk kembali mengkondisikan hati dengan menyibukkan diri membuat soal. Kulihat kelas sebelah ruang OSIS (7B) terlihat ramai. Saat saya tanyakan pada ketua kelas 7B (bagas)  ternyata saat itu seharusnya Bu Esti masuk untuk mengajar mereka Biologi. Karena alasan Bu Esti merupakan guru pamongku,serta tidak enak melihat kelas kosong, langsung saja saya masuk. Jujur saya  bingung dan belum tahu sampai materi apa bu Esti mengajar di kelas ini. Aku kemudian menanyakan kepada murid-murid di kelas ini. Ternyata pertemuan terakhir adalah ulangan.
Tiba-tiba salah satu siswa mengacungkan tangan.
"Pak, belum perkenalan", teriaknya lantang.
Aduh, saya lupa belum memperkenalkan diri.
Setela teguran itu langsung saja saya memperkenalkan diri.
Usai perkenalan, kutanyakan pada mereka apakah mereka suka ipa? Mereka diam. Ku ulangi lagi pertanyaanku tadi dengan sedikit perubahan. "Siapa yang tidak suka Ipa ?", tanyaku. Kali ini mereka banyak yang mengacungkan tangan.
Aku tanyakan alasan mereka tidak meyukai ipa biologi.
Ternyata mereka tidak suka ipa terutama biologi, bukan karena mata pelajarannya melainkan karena guru mereka yang menurut mereka tidak jelas dan galak.
Aku kemudian mengatakan pada mereka bahwa pada saat masih di bangku  smp saya tidak suka biologi bahkan sangat membencinya. Semua murid tertawa dan heran. Jika saya tidak suka biologi mengapa saya mengajar ipa biologi ? Saya katakan bahwa semakin saya membenci biologi semakin saya mendapat nilai yang buruk. Kemudian saya katakan pula bahwa saya sadar bukan biologi yang salah melainkan saya sendiri. Dan saya pun lalu mencoba menyukai biologi.
Dan murid-murid semua diam. momen ini saya gunakan untuk menasehati mereka bahwa jangan membenci pelajaran karena gurunya. Cobalah untuk mendekati dan bersahabat dengan pelajaran yang kalian benci.
Murid-murid hanya angguk-angguk saja. 
Mudah-mudahan apa yang saya sampaikan bisa menjadi motivasi untuk mereka.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan untuk memberikan komentar terhadap tulisan ini, demi tulisan yang lebih baik di lain hari.

 

MY MIND © 2011 Design by Best Blogger Templates | Sponsored by HD Wallpapers