Sholat istikharoh



Dalam agama kita (Islam) kita mengenal ada sholat wajib dan sholat sunnah.  Ya, untuk sholat yang wajib tentunya ada lima waktu, sedangkan untuk sholat sunnah banyak sekali waktu yang disediakan, tergantung mana yang ingin kita lakukan.  Untuk sholat sunnah kita kenal  ada sholat qabliah, ba’diah, takhiyatul masjid, shalat di saat gerhana matahari dan gerhana bulan, sholat tahajjud, witir, tarawih, dhuha, shalat istikharoh dan sholat-sunnah lainnya.

Dari beberapa sholat sunnah yang saya sebutkan di atas, saya ingin mengupas sedikit mengenai sholat istikharoh. Setahu saya, sholat ini banyak di lakukan oleh orang-orang muslim untuk mencari petunjuk atas dua pilihan yang ia hadapi. Pilihan itu bisa berupa jodoh, pekerjaan, kuliah, jodoh atau hal yang lain. Untuk contoh pertama yang saya sebutkan merupakan contoh yang paling saya dengar dari orang-orang di sekitar saya tinggal.

Sholat istikharoh dilakukan sebanyak 2 rakaat dengan 1 kali salam. Ada pula sumber yang menyebutkan boleh dilakukan maksimal 12 rakaat sekali salam (untuk lebih baiknya silahkan di cek lagi). Untuk niat, bisa di ucapkan di dalam hati (lillahi taala). Untuk doa setelah sholat istikharoh ada 2 versi yaitu  :


dan 


Setelah melakukan sholat istikharoh, pasti akan ada pertanyaan, melalui apakah petunjuk Allah akan datang kapada kita ? Banyak orang yang mengatakan bahwa setelah mereka melakukan sholat istikharoh mereka akan mendapatkan mimpi mengenai pilihan yang harus mereka ambil. Namun demikian, mimpi bukanlah suatu hal yang secara pasti dapat kita gunakan sebagai patokan. Ingat, mimpi datang dari tiga sumber, dari Allah, dari setan dan dari dorongan hati.



Wallahu a’lam ...
Referensi :

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan untuk memberikan komentar terhadap tulisan ini, demi tulisan yang lebih baik di lain hari.

 

MY MIND © 2011 Design by Best Blogger Templates | Sponsored by HD Wallpapers