BIOEDUTAINMENT

Pernah waktu kuliah dulu (nb: maksudnya pas semester2 awal) aku pernah bertanya, "jurusanku ini adakah mata kuliah tentang jalan-jalan atau wisata?" ko ketoe mboseni amung nang kelas lan lab tok?
Pertanyaanku ini kemudian mendapatkan jawabannya seiring berjalannya waktu.
Salah satunya ketika aku mendapatkan mata kulaih bioedu.
Pada mata kuliah ini diajarkan perihal wisata, pengelolaan waktu, peserta dan hal-hal lain terkait pariwisata.
sebagai contoh adalah apa yang akan saya tuliskan di bawah ini :

Bioedutainment (Bioedu)

Bioedutainment atau disingkat bioedu, merupakan salah satu penciri dari pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) berupa strategi pembelajaran biologi yang berlangsung menghibur, menyenangkan, dan menggairahkan. Tentu saja dengan tetap memperhatikan tuuan akhir dari kegiatan tersebut.
Pada bioedutainmen, dilibatkan unsur utama ilmu dan penemuan ilmu yang meliputi ketrampilan berkarya, bekerja sama, permainan yang mendidik, kompetensi dan tantangan serta sportivitas. Melalui strategi pembelajaran bioedutainment, aspek kognitif afektif dan psikomotorik pada diri siswa dapat diamati.
Ada tiga alasan bioedu sebaiknya diterapkan dalam pembelajaran yaitu :

¢Biologi merupakan salah satu kajian ilmu strategis untuk dapat memahami tentang fenomena alam.

¢Pengembangan biologi yang kompleks perlu diikuti dengan pendekatan pembelajaran yang mengarah pada pembekalan dan ilmu disertai sikap untuk mau belajar sepanjang hidup.

¢Untuk itu pendekatan pembelajaran yang mengasyikan,menghibur dan menyenangkan perlu dikembangkan secara konsisten.
Untuk menerapkan bioedu, pastinya dibutuhkan juga ketrampilan khusus yang memadukan anttara ketrampilan seorang guru dengan kemapuan seorang pramuwisata.
Pramuwisata itu apa?
Pramuwisata adalah seseorang yang berprofesi menemani, memberikan informasi dan bimbingan serta saran kepada wisatawan dalam melakukan aktivitas wisatanya dan untuk itu dia mendapatkan imbalan tertentu. Untuk menjalankan aktivitas tersebut dipersyaratkan memiliki sertifikat tanda lulus ujian profesi dari lembaga resmi pariwisata.
Berbekal dua kemampuan yang diajarkan (guru dan pramuwisata) melalui kuliah bioedu, saya dan teman-teman pun mencoba untuk menerapkan pembelajaran yang bersifat menyenangkan. 
Nah, untuk yang mau belajar mengenai bioedu, dibawah ini aku kasih link materi-materinya :
Dasar-dasar bioedutainment : 4 shared 
How to manage Outdoor learning activities : 4 shared
 




0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan untuk memberikan komentar terhadap tulisan ini, demi tulisan yang lebih baik di lain hari.

 

MY MIND © 2011 Design by Best Blogger Templates | Sponsored by HD Wallpapers