Body Type and How to get a good body 1



Menurut beberapa orang, menaikkan berat badan itu lebih mudah daripada menurunkan berat badan. Kamu tinggal makan yang banyak, minum dan istirahat yang cukup, jangan terlalu banyak pikiran, olahraga, sudah. Insya Allah kamu bisa gemuk. Anggapan itu bisa bekerja pada kebanyakan orang, sayangnya aku bukan orang kebanyakan.
Beberapa upaya untuk menggemukkan berat badan yang pernah aku tahu diantaranya (pernah aku lakukan) adalah :
1. makan kuning telur  ayam kampung+ susu
Kata temanku, Fris, makan telur ayam kampung ditambah susu bisa menjadikanku gemuk. Aku waktu itu menurut saja dengan saran ini. Dari apa yang aku baca, susu dan kuning telur mengandung beberapa jenis protein yang penting bagi pembentukan sel-sel baru termasuk sel-sel otot. Faktor lain yakni tubuh fris yang saat itu agak gemukan juga memicuku untuk kemudian mengikuti jejaknya. Perlu kalian tahu, bahwa aku dan temanku fris sama-sama orang yang ingin memiliki tubuh gemuk, ddengan kata lain tubuh kami sama-sama kurus.
Beberapa minggu aku menjalankan program pertamaku ini. Tapi sayangnya aku keburu mual-mual karena memakan kuning telur ayam kampung+susu. Padahal, telur ayam itu susah dicari karena jarang yang menjual, sayang program ini tidak berefek baik pada tubuhku. L
2. Makan sebelum tidur
Makan sebelum tidur dipercaya juga dapat menambah berat badan pada tubuh si kurus (termasuk aku). Jika dinalar, pada saat tidur, tubuh tidak terlalu banyak membutuhkan energi, jadi energi yang dihasilkan dari makanan yang kita makan sebelum tidur dapat disimpan oleh tubuh. Salah satu penyimpanan hasil  metabolisme tubuh adalah dalam bentuk glikolipid yang disimpan pada jaringan lemak tubuh, seperti pada pipi. Makanya, orang yang bertambah gemuk lebih mudah di lihat dari bertambah tebalnya pipi dan buncitnya perut J. Program ini, aku lakukan secara diam-diam. Jika ketahuan Ibu pastinya Beliau akan marah. Kata Ibu, tidur sebelum makan dapat menyebabkan Dm (diabetes melitus). Memang ada benarnya juga sih J
3. fitness
Masih tentang saran dari Fris, temanku satu perjuangan (untuk gemuk :D).
Waktu SMA, dia mengajakku untuk fitness bareng di salah satu Gym di daerahku. Singkat cerita aku lalu mencoba rutin fitness. Alhamdulillah, cara ini cukup berhasil. Sayangnya, karena beberapa faktor diantaranya iuran gym yang waktu itu tergolong mahal dan kurang sesuai dengan uang saku, ditambah harga suplemennya yang sama mahalnya, aku kemudian berhenti fitness.
 But, trust me its work :P
4.  Minum susu formula
Fris, yang punya tujuan yang sama denganku untuk menaikkan berat badan, melakukan lebih banyak cara untuk menaikkan berat badan tubuhnya. Berhubung dia mendapatkan uang saku yang cukup dan ditambah dengan dopping dompet dari kakaknya, frish melakukan program yang sampai saat ini aku belum lakukukan. Apa itu?
Yap, minum susu formula.
Frish beberapa kali menyempatkan diri untuk membeli susu formula penambah berat badan, sebut saja saja salah satu merek ternama adalah eppeton weight gain. Harga satu kaleng susu eppeton weight gain untuk ukuran kecil saja, bisa menjamin makan enak satu minggu untuk anak kos saat itu, apalagi yang ukuran 300 atau 500 gram. Dijamin haraga ukuran segitu bisa buat beli Hp baru :D.
Frish melakukan program ini beberapa bulan. Dari merek di atas, merek yang ada di pasaran Indonesia, sampai susu penambah berat badan impor asli Jepang, sudah di cobanya. Sayang, semua itu nda ngefek bro. Jika belum kuat mental, dan materi, jangan coba cara ini deh hehe
5. Minum obat cacing
Karena sudah menajalankan beberapa program dan belum ada hasil juga, aku termakan efek ejekan kakakku yang mengatakan bahwa aku ini cacingan. Tanpa berlama-lama, aku membeli obat cacing combantrine dan langsung meminumnya sekaligus. Efek yang aku rasakan tidak terlalu banyak dan terasa. Tapi paling tidak aku memastikan bahwa tubuhku ini sehat dan bebas cacingan untuk enam bulan ke depan seperti kata ibu peri :D

Nah, di atas sudah aku sebutkan beberapa hal yang aku tahu untuk mengupayakan peningkatan berat badan. Mungkin cara di atas bekerja baik pada beberapa orang dan beberapa orang tidak. Sebaiknya kenali terlebih dahulu tubuh kita itu masuk kedalam tipe apa.  
Nah, link di bawah ini adalah salah satu tulisan yang aku copy-paste dari blogger lain yang membahas tentang tipe-tipe tubuh manusia.

iga tipe tubuh manusia terdiri dari ectomorph, mesomorph dan endomorph. Tipe tubuh ini akan sangat mempengaruhi dalam metabolisme tubuh dalam mengolah makanan, sehingga sangat berpengaruh pada bentuk tubuh dan berat badan seseorang.
Dari ketiga tipe tubuh ini maka akan mudah terlihat kenapa ada orang yang banyak makan namun tetap kurus? Kenapa ada yang sedikit makan namun mudah gemuk, tetapi ada yang mau makan banyak atau sedikit tetapi bentuk badan tetap bagus dan berat badan tetap ideal.
Ciri-ciri tipe tubuh manusia secara singkat diantaranya :
Ectomorph
Ciri dari tubuh ectomorph diantaranya berbadan kurus, massa otot kecil, berat badan sulit naik walaupun memakan banyak kalori. Ciri lain dari ectomorph yakni memiliki ukuran pinggang yang kecil begitu juga dengan lebar bahu.
Tipe tubuh ectomorph butuh kerja keras dan kesabaran untuk menaikkan berat badan atau untuk membentuk tubuh yang ideal, diantaranya dengan rutin latihan angkat beban  untuk meningkatkan massa otot. Tipe ectomorph hanya bias meningkatkan berat badan dengan cara meningkatkan massa otot dengan latihan angkat beban. Setelah terbentuk, tipe tubuh ini tetap harus menjaga bentuk tubuh dengan cara tetap rutin berlatih angkat beban dan diseimbangkan dengan tetap menjaga nutrisi makanan.
Tipe ectomorph termasuk tubuh dengan metabolism tinggi sehingga mudah untuk membakar apa saja makanan yang dimakan, sangat mudah untuk menurunkan berat badan walaupun makan banyak, karena tubuh ectomorph tidak menyimpan lemak dalam tubuh.
Endomorph
Ciri dari rubuh endomorph diantaranya bentuk badan yang bulat, gemuk, besar, berat badan sangat mudah naik damun sulit untuk diturunkan.
Tubuh endomorph memiliki kandungan lemak yang tinggi dalam tubuh karena endomorph dapat menyimpan lemak dalam jumlah besar dalam tubuh.Ukuran paha dan pinggang tubuh endomorph cenderung lebih lebar.
Endomorph memiliki metabolism tubuh yang rendah sehingga berat badan mudah naik walau hanya makan sedikit makanan. Untuk membentuk tubuh yang ideal maka tipe endomorph harus diet sehat yang mengutamakan puasa dan berolah raga angkat beban karena dapat membakar kalori lebih banyak dan lebih cepat dari pada olah raga aerobic biasa.
Mesomorph
Ciri dari tubuh mesomorph adalah berat badan yang ideal sesuai dengan tinggi badan, tidak gemuk namun tidak juga kurus. Type tubuh mesomorph merupakan type tubuh ideal yang mudah untuk dibentuk menjadi atletis secara ideal.
Tipe tubuh mesomorph cenderung sudah berotot walaupun tidak melakukan olah raga khusus seperti angkat beban, namun definisi otot tubuh mesomorph sudah terbentuk secara alami. Type tubuh ini sangat mudah untuk dibentuk karena keseimbangan metabolisme tubuhnya.

Kebanyakan tipe mesomorph tidak memiliki masalah yang serius dengan berat badan maupun bentuk badan, tipe ini hanya tergantung kepada si pemilik tubuh, apakah ingin mengolah menjadi tubuh yang lebih atletis atau hanya membiarkan begitu saja namun tetap terlihat bagus.
Sumber : pesancabe.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan untuk memberikan komentar terhadap tulisan ini, demi tulisan yang lebih baik di lain hari.

 

MY MIND © 2011 Design by Best Blogger Templates | Sponsored by HD Wallpapers