Kopi dan Olahraga

Siapa sih yang tidak kenal kopi ?
Belakangan ini kopi yang terkadang di kenal juga dengan si pahit, menjadi tren di hampir semua kalangan. Mulai dari masyarakat tingkat bawah hingga tingkat atas, dari yang usia muda hingga usia tua.
Nah, berbicara tentang kopi, mungkin semua sudah tahu bahwa kopi bisa menimbulkan efek tidak mengantuk karena kandungan kafein di dalamnya. Namun, sepertinya tidak banyak orang tahu manfaat kopi saat dipadukan dengan olahraga.

Ternyata, mengkonsumsi kopi sebelum berolahraga, mampu membakar lemak lebih banyak. Riset kevin J Acheson dari pusat penelitian Nestle, Swiss, pada tahun 2011 menunjukkan konsumsi kafein 8mg/kg bobot tubuh sebelum berolahraga mampu meningkatkan laju metabolisme tubuh hingga 16%. Selain itu, terjadi juga peningkatan pembakaran lemak meskipun tidak signifikan. Penelitian yang terungkap dalam the American Jurnal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa konsumsi 150 gram kafein sebelum latihan mengurangi kelelahan dan meningkatkan kemampuan fisik sebesar 12,4%. Menurut Acheson, kafein melepaskan lemak dari jaringan adiposa sehingga lemak mudah dibakar.

Nah, tentu saja, semisal kita mau mencoba tips di atas, alangkah baiknya jika kita konsultasikan terlebih dahulu tubuh kita dengan ahli kesehatan. Apalagi, jika tubuh kita memiliki riwayat sakit berat seperti sakit jantung atau yang lain. 

Semoga bermanfaat :)

Sumber : majalah Trubus 532 (maret 14) dengan sedikit penambahan

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan untuk memberikan komentar terhadap tulisan ini, demi tulisan yang lebih baik di lain hari.

 

MY MIND © 2011 Design by Best Blogger Templates | Sponsored by HD Wallpapers