Lembar-lembar Sedekah




Entah mulai kapan pastinya, saya sendiri kurang begitu tahu pasti. Sebuah folder, dengan nama folder “Menuju Sukses” secara maraton berpindah dari satu mahasiswa ke mahasiswa lain di jurusan Biologi Unnes. Dilihat dari nama folder itu, seharusnya kita sudah bisa menebak bahwa isi dari folder itu bukanlah sesuatu yang negatif. Apalagi karena folder itu dikopi oleh banyak mahasiswa baik laki-laki maupun perempuan, tentu bukan hal negative bukan?
Saya sendiri, mendapatkan folder itu dari seorang teman, pada saat saya semester 9 menjelang semester 10. Lama juga ya saya kuliah s1-nya, hehe. Folder itu, berisi beberapa file yang semuanya berupa teks dalam eksetensi .doc (Ms Word). File pertama di folder itu, terdiri dari kurang lebih 5 lembar langkah-langkah yang perlu dilakukan oleh seorang mahasiswa, tentu saja dari jurusan biologi, menuju tahap wisuda. Langkah pertama dibuka dari persiapan menuju TA1 atau seminar proposal. Sebagai informasi saja, bahwa tidak semua jurusan bahkan dalam satu fakultas yang sama, mengadakan seminar proposal. Banyak jurusan yang hanya mengadakan sidang skripsi tanpa di dahului oleh seminar proposal. Jadi, asal dosen pembimbing ok dengan proposal yang kita buat, kita bisa langsung mengambil data. Hal itu tidak seperti yang harus saya dan teman-teman di jurusan biologi lewati.  Kami harus terlebih dahulu melakukan seminar proposal sebelum mengambil data. Itupun terkadang masih harus merevisi terlebih dahulu hasil seminar proposal agar mendapatkan acc pengambilan data di lapangan.
Langkah kedua yang ada di lembaran berikutnya adalah langkah menuju TA II atau ujian/sidang skripsi. Tentu saja, untuk melakukan sidang skripsi ada beberapa syarat yang harus saya lalui sesuai dengan yang tertera di lembar langkah-langkah menuju sukses. Syarat yang dimaksud meliputi fotokopi KRS, transkrip nilai, kartu siap ujian, draft skripsi yang telah di acc dosen pembimbing, bimbingan yang telah diakhiri (minimal 12 kali bimbingan), kartu telah menghadiri ujian TAI sebanyak minimal 20 yang dibuktikan dengan paraf dosen-dosen penguji di masing-masing TAI yang dihadiri dan undangan ujian skripsi. Saya ingat, bahwa saya mengumpulkan tanda tangan TAI sejak sebelum semester 6, karena tidak selalu ada TAI dan tidak setiap TAI saya dating dan membawa kartu kuning itu. Pada tahap ini saja, sudah terlihat cukup ribet, namun tentu saja seribet-ribetnya urusan administrasi, masih kalah dengan semangat mahasiswa yang akan sidang dan berharap cepat lulus.
Setelah langkah kedua selesai ternyata, masih banyak langkah-langkah yang harus dilakukan muali dari bimbingan revisi sampai dapat acc 3 dosen, bimbingan artikel dan poster, bebas lab jurusan, bebas lab jurusan, bebas lab pusat, hingga mendaftar wisuda. Sehingga sangat wajar, manakala seorang mahasiswa biologi merasa senang melihat satu demi satu dari langkah-langkah yang tertulis di lembar menuju sukses tercoret atau telah di beri tanda centang.
Lalu siapakah yang meluangkan waktu untuk kemudian menulis langkah-langkah menuju sukses berikut dengan contoh-contoh dari surat-surat yang diperlukan? Siapapun itu, menurut saya, dia telah melakukan suatu hal sederhana yang sangat bermanfaat. Hal kecil yang berdampak besar (meskipun masih dalam lingkup jurusan)  dan semoga dicatat juga sebagai suatu nilai ibadah. Ah, ya, begitulah yang saya ingat. Sedekah bisa kita lakukan dengan apa yang kita mampu dan miliki. Dan dia, sang penulis dari folder itu, memberikan pelajaran pada saya, pada teman-teman di jurusan biologi, dan semoga pada Anda, bahwa melakukan sedekah itu sederhana, bahwa berbagi pasti menimbulkan suatu solusi. Lakukan dengan apa yang kita miliki, bahkan semiskin-miskinnya kita, kita masih memiliki otak untuk berfikir, masih memiliki wajah untuk tersenyum dan masih banyak nikmat-Nya yang bisa kita gunakan untuk berbagi, untuk bersedekah.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan untuk memberikan komentar terhadap tulisan ini, demi tulisan yang lebih baik di lain hari.

 

MY MIND © 2011 Design by Best Blogger Templates | Sponsored by HD Wallpapers